Jumat, 26 Maret 2010

cara mudah mengalikan lebih dari 2 matriks



Dalam fungsi Excel, perkalian matriks hanya dapat dilakukan untuk dua matriks saja, yaitu dengan fungsi =MMULT. Jika Anda ingin mengalikan tiga atau lebih matriks, maka harus dilakukan perkalian secara berulang. Tulisan kali ini akan memberikan cara praktis untuk mengalikan lebih dari tiga matriks sekaligus.

Misalnya kita punya tiga matriks yaitu matriks A, matriks B dan matriks C. Sebagai latihan, lihat gambar di bawah ini. Matriks A sebagai matriks 3×3 (tiga baris tiga kolom) kita tempatkan di range B4:D6, matriks B sebagai matriks 3×2 kita tempatkan di range F4:G6 dan matriks C sebagai matriks 2×4 kita tempatkan di range I4:L5.

Sekarang kita ingin mengalikan ketiga matriks tersebut yaitu AxBxC.

Dengan memanfaatkan fungsi = MMULT di Excel, langkah yang kita lakukan adalah mengalikan A dengan B. Kemudian hasil kali tersebut, baru kita kalikan lagi dengan C.

Mari kita coba. Sekarang letakkan pointer anda di sel B11. Kemudian ketik rumus =MMULT(B4:D6,F4:G6). Akan keluar satu angka hasil perkalian (dalam kasus kita adalah 324). Selanjutnya, blok sel worksheet sebanyak 3 baris 2 kolom atau rangeB11:C13 (dalam kasus kita. Kenapa? Lihat aturan perkalian matriks), dimulai dari angka hasil pertama tersebut. Tekan F2, emudian tekan tombol CTRL dan SHIFT. Tahan dan tekan ENTER. Akan keluar hasil perkalian matriks AxB.

Selanjutnya kalikan hasil tersebut dengan matriks C. Tempatkan pointer anda di sel F11, kemudian ketikkan rumus =MMULT(B11:C13,I4:L5). Akan keluar satu angka hasil perkalian (dalam kasus kita adalah 3456). Selanjutnya, blok sel worksheet sebanyak 3baris 4 kolom atau range F11:I13, dimulai dari angka hasil pertama tersebut. Tekan F2, kemudian tekan tombol CTRL dan SHIFT. Tahan dan tekan ENTER. Akan keluar hasil perkalian matriks AxBxC. Lihat tampilan di bawah ini.

Cukup repot bukan ? Apalagi kalau jumlah matriks yang dikalikan cukup banyak.

Tetapi, ada cara praktis, dimana dengan satu kali pengerjaan, anda bisa mengalikan lima matriks sekaligus (memang batas maksimumnya hanya lima, kalau lebih terpaksa harus berulang juga), yaitu dengan menggunakan fasilitas dari Add-ins Matrix.

Caranya ?

Sekarang, tempatkan pointer anda di sel F17. Kemudian ketikkan rumus berikut =MProd(B4:D6,F4:G6,I4:L5). Tekan F2, kemudian tekan tombol CTRL dan SHIFT. Tahan dan tekan ENTER. Akan keluar hasil perkalian matriks AxBxC, persis seperti cara pertama tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar