Kamis, 25 Maret 2010

mengapa LATOP cepat panas???????????

Faktor panas memang menjadi musuh utama pada komputer khususnya laptop, dan ini bisa mempengaruhi kinerja dan daya tahan, makin panas membuat kinerjanya melambat. Pada saat menggunakannya jangan sampai ventilasi / exhaust dari processor tertupi. Jangan dibiasakan meletakkan latop di atas kasur atau landasan yang empuk. Di dalam casing laptop hampir tidak ada ruang kosong beda dengan PC yang ruangan di dalam casingnya agak lega.

Laptop panas karena ada beberapa hal, paling gampang di analasi adalah kita lihat panas di bagian mana, tinggal kita sentuh bagian yang panas tersebut. Menggunakan laptop maksimal 2 jam, setelah itu diistirahatkan 15 menit, atau menggunakan Stand fan, ini bisa membantu mengurangi panas berlebih

Ada beberapa bagian sumber panas, antara lain :

  1. Processor
  2. Harddisk
  3. Battery
  4. IO chipset/vga
  5. Adaptor

Laptop pada umumnya akan menghasilkan panas, dan kita perhatikan panas yang dihasilkan wajar atau tidak, untuk mengetahui panas tersebut wajar atau tidak cukup kita pegang , dan apakah tangan kita cukup tahan menerima panas tersebut, ada beberapa merk pada saat saya pegang hanya 1 menit saya sudah merasa tidak tahan. Dan kita ingat betul, panas tersebut pada saat dari pertama pembelian seperti itu atau tidak, apabila sejak pembelian sudah seperti itu maka dapat disimpulkan memang laptop tersebut tidak bagus. Ingat tidak semua produk hasil dari pabrik adalah bagus, terkadang cacat produk.

Setelah kita ketahui letak permasalahan kita lihat dibagian mana yang panas, apabila dekat dengan processor, kita bisa lihat apakah kipas processor berfungsi dengan baik atau tidak.

Mari kita coba untuk untuk melihat struktur pendinginan pada prosesor :

- Buka middle cover dengan mencungkil secara hati-hati dan angkat covernya

- Buka sekrup dan angkat penutupnya

- Nampak pada gambar system pendinginan sekitar prosesor yang ditutupi oleh debu, bersihkan dengan kuas atau kompresor




Tidak ada komentar:

Posting Komentar